Memulai Bisnis Kost Kostan Di Kawasan Kampus Universitas

Cara memulai Bisnis Kost Kostan dikawasan universitas negeri atau swasta bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Memiliki modal yang besar tetapi bingung bagaimana menjalankannya? Ya pastikan budget untuk membikin kost kostan supaya cukup untuk membangunnya.

Bila kita melihat kawasan kampus negeri yang terkenal dan cukup tua, pastinya akan banyak sekali mahasiswanya. Memang anggapan itu besar kemungkinan benar.

Misalnya kita bisa melihat kampus negeri di jakarta, bandung, jogja, surabaya, malang yang sangat peminatnya memang sangat tinggi. Di Jakarta saja ada 7 universitas negeri yaitu : Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pertahanan Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Managemen Industri Indonesia, pastinya di tiap universitasnya memiliki ribuan mahasiswa/wi yang menempuh ilmu disana.

Darisana saja Anda bisa membayangkan mahasiswa luar jakarta yang pastinya membutuhkan tempat untuk menginap yaitu kamar kost. Lalu bagaimana kita bisa membuat tempat kost di jakarta?

Untuk membuat tempat kost kita harus mempunyai beberapa hal yang harus kita persiapkan, yaitu :

1. Lahan
Siapkan lahan sesuai dengan budget kita, sisihkan 1/2 dari modal kita untuk membeli tanah untuk bisa kita bangun kost kostan meski tidak terlalu besar. Karena selain tanah kita juga harus membangun rumahnya

2. Membangun Kost
Kawasan tempat kost di jakarta memang banyak yang memfasilitasinya dengan ac, kamar mandi dalam. Maka dari itu, sebelum membangun tempat kost harus benar benar merencanakan denah rencana bangunan yang sekiranya pas dan cocok untuk tempat kost.

3. Lengkapi Fasilitas
Belilah perlengkapan tempat kost kita, seperti : tempat tidur, lemari pakaian, selimut, bantal, guling, ac, dan lain lainnya.

4. Pemasaran
Banyak cara untuk memasarkan usaha atau bisnis, salah satunya adalah memasarkan kost kostan. Bisa memasarkan offline ataupun online. Pergunakan internet sebagai media pemasaran yang memang sekarang menduduki peringkat nomor 1 dalam hal pemasaran. Untuk pemasaran offline, perbanyak relasi dengan membuat brosur atau selebaran atau memberikan informasi tentang tempat kost Anda pada orang lain.

Bagaimana, mudah bukan?

Memang dalam pemasaran bisnis kost kostan membutuhkan dana besar yaitu untuk pembelian tanah dan pembangunan tempat kost. Akan tetapi bisnis kost kostan di jakarta, bandung, jogja, malang tak pernah mengalami penurunan dan sekarang menjadi salah satu bisnis yang paling prospek dengan tingkat resiko kecil.

Persiapan
Bagaimana, apakah Anda berminat untuk mencobanya? Sebelum membuat bisnis kost kostan, kalkulasi dahulu budget Anda. Lihat harga tanah dikawasan kampus, misalnya kawasan kampus A berkisar antara 5 jt /meternya. Siapkan dana minimal 300 juta untuk pembelian tanah sebagai modal awal bisnis kost kostan.

Siapkan juga dana sekitar 300 juta lagi untuk pembuatan rumah kost sampai dengan finishing dengan 5 kamar tidur. Atur sebagus mungkin untuk mendapatkan bentuk dan desain tempat yang benar benar fungsional.

Siapkan kebutuhan kamar kost mulai dari tempat tidur, almari pakaian dan lain lain untuk menunjang dan meningkatkan harga sewa pertahunnya.

Dan tara, Anda sudah menjadi pebisnis kost kostan, hanya tinggal menunggu waktunya saja.

Investasi Kecil
Untuk yang menginginkan bisnis kost kostan dengan investasi uang yang lebih kecil, Anda bisa melirik tempat kost di kota lain. Seperti di Kota Malang. Kota yang memiliki julukan Kota Pendidikan ini memang mempunyai jumlah kampus terbanyak seIndonesia ini juga memiliki tingkat kunjungan pariwisata yang sangat bagus dan salah satunya adalah Gunung Bromo. Pesona Keindahan Gunung Bromo Malang dan masih banyak tempat wisata menarik lainnya juga bisa menjadi inspirasi bisnis lainnya selain bisnis kost kostan yaitu Bisnis Villa
Share: