Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur

Jelajah ke tempat wisata Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur atau juga disebut Pantai Gua Cina Malang, dari informasi rute ke pantai goa cina, fasilitas, jarak, informasi transportasi dan sejarah dari pantai goa cina malang selatan. Ayoo berselancar informasinya.

Alamat : Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur 65176
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 /orang
Parkir : Roda 2 Rp. 5.000 / Roda 4 Rp. 10.000

Pantai Goa Cina Malang

Siapa yang tak ingin mengunjungi tempat wisata seperti pantai, kita akan terbayang suasana angin pantai yang sejuk, pemandangan yang indah yang pastinga sangat menyenangkan. Kita bisa benar benar bersantai menikmati deburan ombak, angin yang sejuk, pasir yang putih dan melihat semua pemandangan dipesisir pantainya hingga bermain air dibibir pantainya. Memang sungguh sungguh menyenangkan bukan? 

Salah satu pesona pariwisata di Malang yaitu Pantai Goa Cina yang berpasir putih dengan bibir pantai yang luas dan sangat cocok sekali sebagai salah satu tujuan akhir pekan Anda, edit dan masukkan nama pada itenenary perjalanan wisata ke malang yang sayang jika dilewatkan.

https://gazzgazz.blogspot.com
Bagi yang belum pernah mengunjunginya bisa jadi Anda sedang memikirkan sejarah tentang penamaan dari Pantai Goa Cina sendiri, atau membayangkan wisata dengan anggota keluarga pada musim libur panjang bersama bersenang senang di pesisir pantainya.

Tak sedikit masyarakat lokal malang jika pada akhir pekan telah tiba menyempatkan berkunjung ke Pantai baik untuk sekedar melepas penat atau memang sudah sangat kangen dengat suasana pantai, bahkan tak sedikit yang membawa bola plastik untuk nantinya bisa digunakan bermain sepak bola pantai.

Memang melihat deburan ombak pantai di Goa Cina rasanya tak ingin segera beranjak pulang, duduk bersantai di gazebo sembari minum es kelapa muda rasanya sungguh menyenangkan sekali. 

Di Pantai Goa Cina terdapat jembatan beton sebagai penghubung dari pesisir pantai menuju sebuah karang besar, pada karang tersebut terdapat sebuah goa kecil yang untuk dapat melihat ke goa tersebut Anda akan dikenakan tarif 5 ribu saja. Dan Anda bisa melihat goa sejarah yang dahulu sering digunakan sebagai lokasi para petapa, juga goa tersebut menjadi salah satu sejarah dari penamaan Pantai Gua Cina atau Goa Cina di Malang.

Sejarah Pantai Goa Cina
Dahulu pantai ini bernama Pantai Rowo Indah, mungkin penamaan tersebut menggambarkan lokasi dipesisir pantainya yang terdapat "Rowo-rowo" yang berarti Rawa-rawa. Meski lokasinya banyak terdapat rawa-rawa tetapi keindahan pantainya menjadikan disematkannya nama Pantai Rowo Indah.

Seiring perkembangan pembangunan akses jalan di pesisir pantai, dibangunlah jalan untuk menghubungkan ke beberapa lokasi pantai termasuk Pantai Goa Cina. Akses jalan yang besar memang bisa meningkatkan kunjungan baik dari wisatawan lokal malang maupun luar Malang.

Sebelum dibangunnya Jalur Lintas Selatan ( JLS) kawasan pesisir pantai tersebut memang banyak terdapat Rawa-rawa atau orang jawa menamainya "Rowo", dari lokasi yang banyak digenangi Rawa-rawa tersebut penamaan dari pantainya sebelumnya adalah Pantai Rowo Indah.

Pergantian nama tersebut berawal sebuah cerita yang beredar dimasyarakat tentang kejadian dari seorang keturunan tionghoa yang meninggal pada kawasan tersebut, dan pantai goa cina sendiri memang memiliki sebuah goa ukuran kecil pada sebuah karang besar pada pesisir pantainya.

Dan setelah kejadian tersebut sejarah yang dulunya bernama Pantai Rowo Indah berganti nama menjadi Pantai Goa Cina hingga sampai saat ini, dan lokasi Goa tersebut menjadi salah satu spot kunjungan wisatawan hingga sampai saat ini.

Rute Pantai Goa Cina
Penasaran ingin mengunjunginya, lokasi yang berada di Kabupaten Malang tepatnya di Desa Tambak Kecamatan Sumbermanjing memiliki jarak sekitar 68 kilometer. Untuk estimasi waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan untuk kondisi normal dengan kecepatan sedang, rute jalan ke pantai goa cina terbilang sudah sangat bagus.

Akses jalan dari mulai Kota Malang hingga ke kawasan Pantainya memang sudah sangat baik, akan tetapi setelah memasuki gapura masuk kawasan Pantai Goa Cina memang belum dibangun dengan baik. Kondisi jalan berbatu atau makadam membuat akses kendaraan sedikit lambat.

Bagi pengguna roda 2 apalagi jika kondisi cuaca terlihat becek karena terkena hujan, usahakan untuk tetap berhati hati karena jalan batuan jenis kapur dengan ukuran besar akan sangat licin dan bisa membuat pengendara terjatuh.

Transportasi Ke Pantai Goa Cina
Untuk bisa ke kawasan pesisir malang selatan yaitu ke Pantai Goa Cina memang tak ada angkutan umum dengan trayek tujuan ke pantai, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau memilih menggunakan jasa sewa kendaraan.

Untuk jasa Sewa Agya Di Malang akan dapat dengan mudah Anda temukan melalui situs pencari google, komunikasikan tanggal kedatangan, jam, lokasi jemput dan tujuan yaitu ke Pantai. 

Usahakan untuk memilih berangkat pada pagi hari, jika Anda datang dari luar Malang baik menggunakan kereta api atau pesawat. Memilih waktu datang pagi hari dan langsung berangkat atau memilih hari berikutnya supaya ada waktu istirahat setelah perjalanan jauh.
Share: